Memilih Agen Pelaksana Haji & Cara Membeli Tasreh
12 Jul 2017 04:18:07 WIB | Adi Winarto | dibaca 1787
Ket: Skema Tasreh
Foto: Dok. Pri



Dammam, LiputanBMI - Di antara persiapan yang harus dimatangkan bagi calon jamaah haji lokal (dalam negeri) Arab Saudi adalah memilih agen pelaksana hajian. Pada tahun ini, pemerintah Arab Saudi telah mengeluarkan izin bagi 114 perusahaan dari 250 perusahaan yang bergerak di jasa pelaksanaan haji lokal. Sementara jumlah kuota untuk haji dalam negeri sebanyak  239.000 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 23.477 haji bersubsidi.

Selain itu, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi juga telah menetapkan biaya hajian lokal dimulai dari SAR 3.477 sampai dengan SAR 14.000. Perbedaan harga tersebut berdasarkan kelompok yang bersubsidi (low fare), muyasar, dan harga normal (non subsidi). Bagi kebanyakan warga asing termasuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi, hajian bersubsidi adalah pilihan tepat.

Karena keterbatasan kuota haji yang bersubsidi dan banyak orang yang memburunya, tidak heran akan menemui kesulitan untuk mendapatkannya. Terlebih lagi sistem pembayaran tasreh (surat izin tasreh) hanya melalui sistem online. Tasreh ini dapat dibeli di situs kementerian Haji dan Umrah yang akan dibuka mulai tanggal 1 Dzulqadah 1438 H.

Baca: Tanpa Tasreh, Inilah Sanksi yang Akan Diterima Jamaah Haji

Untuk memudahkan calon jamaah haji mendapatkan tasreh bersubsidi tersebut (low fare), maka diperlukan pengetahuan yang cukup bahasa Inggris atau Arab saat membeli tasreh. Anda dapat membaca informasi agen pelaksana haji yang mendapat lisensi menjual tasreh di alamat ini info hajj.

Merujuk ke tata cara pembelian tasreh pada tahun lalu, data kartu mukim (iqomah) sangat diperlukan untuk mengisi formulir pembelian tasreh di web ini info local hajj. Siapkan juga nomor HP Anda untuk konfirmasi pembayaran.

Jika telah dibuka waktu pembelian tasreh, pertama kali Anda akan diminta memilih program hajian (low fare, normal fare atau muyasar). Kemudian masukkan nomor HP dan tunggu kode unik yang dikirim via pesan singkat (sms) untuk melanjutkan.

Langkah berikutnya, Anda dapat memilih agen pelaksana hajian berdasarkan kuota yang tersisa, lokasi kantor pelaksana hajian, fasilitas yang disediakan, dan harga yang ditawarkan. Setelah Anda pilih salah satunya, isi formulir dengan nomor iqomah, tanggal lahir dan tanggal kadaluwarsa iqomah.

Jika Anda beruntung mendapatkan pilihan tersebut, maka akan muncul notifikasi pembayaran yang harus dilunasi maksimal 48 jam dari waktu booking. Informasi ini juga akan muncul di pesan singkat ke nomor HP yang Anda daftarkan.(JLL, 12/07)

BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh