Mau Beli Tasreh Hajian, Dimana Kantornya?
16 Jul 2017 03:24:22 WIB | Adi Winarto | dibaca 1817
Ket: tampilan muka web kementerian haji & umrah ksa
Foto: Dok. Pri



Dammam, LiputanBMI - Minggu terakhir di bulan Syawal, sebagian kaum muslimin di Arab Saudi yang telah berniat menunaikan ibadah haji, mulai berburu tasreh (surat izin berhaji).

Untuk mendapatkannya, sebagian orang mencari tahu alamat kantor yang menjual tasreh. Padahal, penjualan tasreh hajian hanya dapat dilakukan melalui internet (online).

Meskipun calon jemaah haji menemukan kantor agen pelaksana haji yang mendapat izin resmi menjual tasreh, tetap saja tidak dapat melakukan transaksi langsung dengan karyawan kantor tersebut.

Satu-satunya cara, dengan membeli tasreh via web Kementerian Haji dan Umrah (dibuka tanggal 1 Dzulqadah 1438 /24 Juli 2017).  

Baca: Memilih Agen Pelaksana Haji & Cara Membeli Tasreh

Menyiasati hal tersebut, sebagian ekspatriat memberikan bantuan jasa pembelian tasreh. Ini pun dilakukan oleh sebagian karyawan kantor agen pelaksana haji untuk dalam negeri. Terkadang bantuan tersebut harus dibalas dengan upah berdasarkan kesapakatan.  

Fenomena ini melahirkan inisiatif sebagaian warga Indonesia membentuk kelompok panitia untuk membantu kesulitan pembelian tasreh secara online tersebut. Hampir di setiap kota besar di Arab Saudi, dapat ditemukan grup atau kelompok yang menawarkan jasa pembelian tasreh (bukan menjual).

Meskipun demikian, hendaknya calon jemaah haji berhati-hati dalam memilih tawaran tasreh oleh siapapun. Karena, praktek penipuan atau penggelembungan harga (mark up), kerap terjadi.

Bahkan sudah menjadi rahasia umum, banyak kasus penipuan terhadap TKI hingga ratusan ribu riyal dan hajiannya pun batal. Kasus ini terutama banyak terjadi saat tasreh belum dijual secara online.

Sebagai informasi tambahan, harga minimal tasreh yang telah ditetapkan pemerintah Arab Saudi untuk tahun 2017 yang termurah adalah SAR 4.477 (progam low fare dan muyyasar) sampai dengan SAR 14.000 (program normal).

Adapun kuota jemaah haji dalam negeri Arab Saudi dibatasi 239.000 jemaah. Jadi, waspada jika ada yang menawarkan kepada Anda tasreh di luar harga yang ditetapkan.(JLL, 16/07)

BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh