Peraturan dan Cara Pembatalan Tasreh Haji
13 Aug 2017 04:09:37 WIB | Adi Winarto | dibaca 413
Ket: SS pemabatalan tasreh dari localhaj.haj.gov.sa
Foto: Dok. Pri



Dammam, LiputanBMI - Jika tiba-tiba Anda tidak dapat pergi haji karena suatu hal, padahal sudah memesan tasreh (izin berhaji), bagaimana cara dan peraturan pembatalannya? Dengan sistem online, maka Anda dapat melakukan pembatalan secara online juga.

Pertama-tama, buka website Kementerian Haji dan Umrah, kemudian klik menu “Package & Reservation.” Dari menu tersebut pilih opsi “Cancel Reservation Request.” Kemudian akan muncul kotak yang harus diisi no HP yang digunakan saat pemesanan tasreh.

Di sebelah kanan dari kotak isian no HP, Anda diminta memilih referensi tasreh yang akan dibatalkan dari nomor pemesanan (reservation no) atau dari nomor identitas (identification no/iqomah no). Pilih salah satunya kemudian isi kotak kosong sebelah kanan.

Tidak lama setelah itu, Anda akan menerima pesan pendek (sms) untuk mengetahui nomor verifikasi yang harus ditulis di kotak yang tersedia.

Kemudian akan muncul tampilan di layar Anda kotak merah yang didalamnya teks tertulis “cancel reservation.” Klik kotak merah tersebut, kemudian muncul pertanyaan untuk memastikan apakah Anda sudah yakin akan men-cancel tasreh atau tidak.

Sebelum Anda memutuskan pembatalan tasreh, baca terlebih dahulu aturan pembatalan dengan mengklik tanda plus dari teks “Cancellation Rules.” Akan tampil di layar komputer Anda peraturan sebagai berikut:

Peraturan Pembatalan Tasreh
Ket. foto: Peraturan Pembatalan Tasreh
Sumber foto: Dok. Pri

Jika Anda telah memahami peraturan pembatalan di atas dan yakin untuk membatalkan tasreh, teruskan dengan mengklik posi “Cancel Resercation.” Maka, setelah itu booking tasreh Anda akan dibatalkan seketika sesuai dengan peraturannya.

Pengembalian uang (refund) yang telah dibayarkan memakan waktu yang cukup lama, yaitu berkisar antara 1 sampai dengan 2 bulan setelah pembatalan. Uang tasreh tersebut akan dikembalikan ke rekening yang digunakan saat membayarkan pemesanan tasreh.

Catatan: Jika proses booking tasreh Anda oleh grup hajian secara kolektif, maka pembatalan harus melalui nomor HP panitia yang melakukan pemesanan tasreh tersebut.(JLL, 13/08)

BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh