Lengkapi Smartphone dengan Aplikasi Pendukung Manasik Haji
16 Aug 2017 04:16:04 WIB | Adi Winarto | dibaca 663
Ket: beberapa contoh aplikasi di smartphone
Foto: Dok. Pri



Dahran, LiputanBMI - Fungsi telepon genggam (HP) kini bukan sekedar untuk menelpon dan berkirim pesan singkat, tetapi telah berubah menjadi “smart phone,” telepon cerdas yang siap menjadi asisten Anda selama berhaji. Bantuan yang ditawarkan dari aplikasi handpone  ini mulai dari bimbingan manasik haji dan umrah, hingga petunjuk jalan dan lokasi penting selama hajian. Berikut beberapa aplikasi yang perlu diunduh di HP Anda.

- Nomor Cantik Bimbingan Haji

Untuk mendapatkan pelayanan bimbingan manasik haji secara komprehensif, simpan baik-baik di HP Anda nomor 8002488888. Untuk bimbingan berbahasa Indonesia, pilih nomor 4, kemudian Anda akan mendengarkan menu yang tersedia; mulai dari tata cara manasik haji dan umrah, fatwa, hingga pesan-pesan umum. Layanan suara ini semuanya gratis tanpa menghabiskan pulsa telepon.

- Aplikasi Mina Locator

Aplikasi buatan volunteer Pakistan ini, terbaik di antara yang ada, yang dapat membantu Anda dengan mudah dan akurat lokasi-lokasi penting selama hajian. Anda dapat dengan mudah mencari tenda atau maktab hamlah di Armina, lokasi Jamarat, masjid, rumah sakit dan tempat-tempat penting selama berhaji. Silahkan donlot aplikasi di sini.

- Haji Pintar 2017

Aplikasi ini sejatinya untuk Jemaah haji yang langsung datang dari Indonesia. Tetapi fasilitas di dalamnya dapat digunakan pula jemaah haji lokal. Keunggulannya, selain berbahasa Indonesia, juga menyediakan menu yang memudahkan jemaah haji, seperti mampu mendeteksi posisi Anda jika tersesat dan memberikan petunjuk jalan kembali ke penginapan. Tak ketinggalan, aplikasi ini juga menyediakan informasi kurs nilai tukar Rupiah ke Riyal Saudi dan sebaliknya. Download aplikasinya di sini.

- AlMaqsad - AlHaram

Berfungsi sebagai sistem navigasi, aplikasi ini memudahkan jemaah haji mengetahui arah dan lokasi selama di Masjidil Haram Makkah. Tampilan gambar 3 dimensi serta detail lokasi yang akurat, akan mengurangi kecemasan Anda tersesat di dalam Masjidil Haram yang ramai selama musim haji. Di aplikasi ini tersedia menu “Special Needs Service” yang memudahkan untuk mencari bantuan khusus seperti kursi roda, rute khusus dan memanggil bantuan relawan bagi jemaah disable. Silahkan unduh di sini.

- Aplikasi Medsos Gratisan

Aplikasi media sosial yang dapat diunduh secara gratis juga sangat penting bagi jemaah haji selama di Makkah dan Armina. Terutama sebagai alat komunikasi dan informasi rombongan haji (grup Whatsapp atau Telegram). Unduh aplikasi yang dapat digunakan sebagai sarana komunikasi teks, audio dan video yang tidak diblokir di Arab Saudi, seperti IMO. Aplikasi medsos menjadi sangat penting meski tidak memiliki pulsa telepon yang cukup untuk berkomunikasi.(JLL, 16/08)

BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh