Jenis-jenis Pelanggaran Keimigrasian di Arab Saudi
01 Nov 2017 03:17:01 WIB | Tatang Muhtar | dibaca 1456
Ket: Cek Poin di Arab Saudi
Foto: Arab News



Jeddah, LiputanBMI - Informasi ini kami sampaikan kepada seluruh WNI yang bekerja resmi (beriqamah) agar menjadi pengetahuan dan peringatan agar jenis-jenis pelanggaran di bawah ini tidak menimpa para WNI yang berkerja secara resmi di Arab Saudi.

Informasi ini didapatkan berdasarkan temuan-temuan Tim Perlindungan KJRI Jeddah yang bertugas di Tarhil Shumaysi. Berikut beberapa pelanggaran yang sering ditemukan:

Tasattur/Mutasatir: Berkumpul atau serumah dengan pekerja ilegal. Jenis hukuman akan ditangkap dan dibawa ke tarhil Shumaysi kemudian ditahan disana 1-3 bulan. Dan apabila serumah bukan dengan pasangan sahnya maka akan dijebloskan ke penjara umum dengan tuduhan kasus Akhlaqiyah.

Iwa’ : Menampung pekerja llegal di rumahnya atau menyewakan rumah untuknya. Jenis hukuman akan ditangkap dan dibawa ke tarhil Shumaysi kemudian ditahan disana selama 1-3 bulan. Selain itu seluruh kesalahan dari seluruh pekerja illegal akan ditimpakan kepada yang menampung.

Tashgil: Memperkerjakan atau memberdayakan pekerja illegal. Jenis hukumannya akan ditangkap dan dibawa ke tarhil Shumaysi kemudian ditahan disana selama 1 bulan.

Ya’mal I’nda Ghoiri Kafiilihi: Bekerja tidak sesuai profesi sebagaimana yang tertera di Iqomah atau bekerja bukan pada kafilnya. Contohnya : Berjualan di jalanan, memungut kardus dan besi-besi bekas atau mendorong jamaah umrah. Hukumanya akan ditangkap dan dibawa ke tarhil Shumaysi kemudian ditahan disana selama 1 bulan.

Haj Bila Tasrih: Berhaji tanpa tasrih (surat resmi) biasanya jika tertangkap oleh keamanan setempat maka akan dibasmah dan dicabut iqamahnya, jika ditahan di tarhil Shumaysi maka akan ditahan selama 6 bulan. Bahkan hal ini berlaku bagi warga Negara Saudi sendiri selain ditahan 6 bulan di Tarhil Shumaysi juga dikenakan denda 50 ribu real (sumber Jawazat Shumaysi).

Membawa Haji Ilegal: Membawa, mengemudikan atau menyediakan transportasi bagi jamaah haji illegal/tanpa tasrih. Hukumannya akan ditangkap dan dibawa ke tarhil Shumaysi kemudian ditahan disana selama 8 bulan, adapun seluruh kesalahan dan denda jamaahnya akan dilimpahkan kepada yang membawa.

Sumber: KJRI Jeddah | 31 Oktober 2017(TTG, 01/11)

BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
SEPUTAR PASPOR

1 Bukti Lapor Diri pada Paspor 411
2 Paspor & SPLP 468
3 Jenis-jenis Pelanggaran Keimigrasian di Arab Saudi 1456

INFO LAINNYA

1 PASPOR -
2 IQAMA -
3 CUTI -
4 ASURANSI -
5 HAJI -
6 UMRAH -
7 KARGO -
8 UANG -
9 PERKUMPULAN -
10 KOMUNIKASI -
11 TIPS -
12 BAHASA ARAB -
13 DOKUMEN -
14 KTKLN -