Liputan BMI logo small
Inilah Penyebab Kartu ATM Tidak Bisa Digunakan Di Luar Negeri
29 Jan 2021 19:08:27 WIB | Abu Rayyan | dibaca 748
Ket: Kartu ATM tidak bisa digunakan di luar negeri
Foto: Google


Riyadh, LiputanBMI - Bagi Para PMI yang berangkat ke luar negeri dan membawa kartu ATM tabungannya di bank di Indonesia, ada yang mengalami kartu ATM-nya tidak bisa digunakan untuk tarik tunai maupun untuk sekadar cek saldo, berikut penjelasannya.

Penyebabnya bisa berbagai hal, diantaranya adalah:

  1. Status kartu ATM Terblokir
  2. Status rekening tabungan Pasif atau Dormant
  3. Masa berlaku kartu ATM telah habis/expire
  4. Masalah Jaringan
  5. Jenis kartu ATM

Kita bahas satu persatu secara ringkas.

Kartu ATM Terblokir

Status kartu ATM yang terblokir tidak dapat digunakan pada mesin ATM manapun sehingga harus dibuka dulu blokirannya. Untuk membuka blokiran, caranya adalah dengan mendatangi kantor cabang bank tempat pembukaan rekening.

Adapun penyebab kartu ATM Terblokir bisa berbagai macam;

  1. Salah memasukkan PIN ATM tiga kali berturut-turut,
  2. Tidak mengganti PIN Kartu ATM dalam kurun waktu tertentu,
  3. Pernah digunakan pada mesin ATM yang terindikasi skimming,

Status Rekening Tabungan Pasif atau Dormant

Hal ini disebabkan karena tidak ada transaksi pada rekening tersebut dalam kurun waktu tertentu, tergantung jenis tabungannya. Pada umumnya jika rekening dibiarkan tanpa transaksi selama 3 bulan berturut-turut maka status rekening menjadi dormant. Ada beberapa jenis rekening yang masa toleransi vakum transaksinya selama 6 bulan bahkan lebih.

Rekening tabungan denegan status Pasif atau Dormant masih tetap dapat menerima kiriman uang dan kemanan rekening tetap dijamin oleh pihak bank. Hanya saja kartu ATM-nya tidak bisa digunakan untuk tarik tunai, namun tetap bisa digunakan untuk cek saldo.

Untuk mengaktifkan kembali status rekening, caranya adalah dengan melakukan setor tunai di kantor cabang bank oleh pemilik rekening.

Masa Berlaku Kartu ATM Telah Habis/Expire

Pada umumnya masa berlaku kartu ATM adalah lima tahun. Ketika habis masa berlakunya maka kartu ATM tidak dapat digunakan untuk cek saldo maupun untuk tarik tunai dan layanan lainnya. Selain itu, transaksi pada mobile banking pun tidak dapat digunakan.

Silahkan cek masa berlaku kartu ATM yang tertera pada bagian depan kartu ATM, biasanya tertulis dalam format mm/yy, contoh: 02/21, itu artinya masa aktif kartu ATM hanya sampai bulan Februari 2021.

Segera datangi bank tempat membuka rekening untuk melakukan penggantian kartu ATM yang baru.

Masalah Jaringan

Setiap kartu ATM dapat digunakan pada mesin ATM bank tersebut atau mesin ATM dalam satu jaringan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Penggunaan Kartu ATM di luar negeri perlu memperhatikan hal-hal berikut.

  1. Jaringan Kartu ATM Master Card atau Visa
  2. Negara tujuan tidak masuk dalam kategori Daftar Negara Terblokir
  3. Waktu transaksi dilakukan di luar waktu maintenance dan Upgrade Sistem.

Bagi para PMI yang di luar negeri, pastikan kartu ATM-nya memiliki logo Master Card atau Visa dan digunakan pada mesin yang memiliki kedua logo tersebut.

Perlu diketahui, untuk menggunakan kartu ATM di luar negeri tidak semua negara memiliki kerja sama dengan bank di Indonesia. Bahkan beberapa negara masuk dalam kategori yang diblokir karena alasan keamanan transaksi perbankan.

Untuk mengatasinya maka perlu dilakukan dulu pembukaan akses kartu ATM dari negara tersebut dengan cara mengajukan permohonan Aktifasi Transaksi Kartu ATM di Luar Negeri sebelum berangkat ke negara tujuan dengan cara mendatangi kantor cabang atau melalui mobile banking.

Supaya transaksi berjalan lancar, hal lain yang harus diperhatikan adalah waktu melakukan transaksi melalui mesin ATM di luar negeri adalah dengan menghindari melakukan transaksi pada rentang waktu tengah malam waktu Indonesia barat yaitu mulai pukul 22:00 – 02:00 WIB.

Penyebabnya adalah karena pada rentang waktu tersebut sering dilakukan kegiatan pemeliharan dan perbaikan (maintenance)  pada server bank dan juga proses pembaharuan (upgrade) sistem untuk meningkatan mutu dan layanan.

Proses tersebut biasanya mengharuskan pihak bank melakukan pengurangan bandwith atau bahkan memblokir akses ke server, sehingga sebagian atau keseluruhan transaksi perbankan tidak dapat dilaksanakan pada waktu tersebut.

Kendala dari jaringan yang terganggu juga dapat menyebabkan transaksi terputus di tengah jalan atau proses. Ada kalanya nasabah melakukan penarikan tunai di mesin ATM, namun uangnya tidak keluar sementara saldo sudah terpotong. Untuk mengatasinya maka segera hubungi Call Center untuk mengkonfirmasi transaksi tersebut.

Proses pengembalian uang yang gagal transksi seperti di atas bisa memakan waktu cukup lama antara 7 – 45 hari kerja bahkan bisa lebih.

Jenis Kartu ATM

Di Indonesia pihak bank mengeluarkan berbagai jenis ATM, ada kartu ATM jenis GPN hanya dapat digunakan di Indonesia, ada kartu ATM khusus seperti layanan pembayaran gaji karyawan dan juga co-branding dengan komunitas atau ormas ada juga kartu ATM reguler yang memiliki standar nasional dan internasional.

Rata-rata kartu ATM reguler terbaru sudah memiliki standar internasional, selain ada strip magnetic-nya juga telah dilengkapi dengan chip.

Mesin ATM di beberapa negara maju, akan menolak kartu ATM yang belum memiliki fitur standar kemananan internasional.

Dikutif dari berbagai sumber, untuk informasi yang valid silahkan hubungi Call Center bank.

 (ARY, 29/01)