Liputan BMI logo small
Tips Menggunakan Kartu ATM BNI di Arab Saudi
03 Feb 2021 00:14:07 WIB | Abu Rayyan | dibaca 3280
Ket: Kartu Debit/ATM BNI Dapat Digunakan di Arab Saudi
Foto: LBMIKSA


Riyadh, LiputanBMI - Kartu ATM bank BNI dapat digunakan untuk bertransaksi tarik tunai, belanja dan cek saldo di Arab Saudi.

Jadi para PMI yang memiliki rekening di bank BNI dapat mengetahui saldo tabungan dengan mudah tanpa harus menghubungi pihak bank.

Bahkan jika dalam keadaan tertentu dapat pula melakukan tarik tunai melalui mesin ATM Al Rajhi, NCB, Al Bilad atau bank lainnya yang berlogo MasterCard atau Visa.

Video: Tutorial Tarik Tunai dan Cek Saldo Kartu ATM BNI pada Mesin ATM Bank Al Rajhi

Namun harus diingat, karena kita menggunakan Kartu ATM BNI di Arab Saudi maka, saldo yang muncul akan dikonversi dari Rupiah ke Riyal, besarannya tergantung nilai tukar yang berlaku saat itu.

Begitu pula dengan tarik tunai, uang cash yang keluar dari mesin ATM berupa uang Riyal, bukan Rupiah.

Perlu teman-teman ketahui, bahwa nilai tukar (kurs) di bank itu ada dua, pertama; nilai tukar jual, kedua; nilai tukar beli.

Simulasi Kurs Rupiah, 2 Feb 2021

Sebelum bertransaksi menggunakan kartu ATM BNI di Arab Saudi, sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut agar dapat bertransaksi dengan lancar, aman dan nyaman.

  1. Status rekening Aktif, Kartu ATM masih berlaku dan saldo mencukupi
  2. Sebaiknya menggunakan mesin ATM yang bekerja sama dengan bank BNI
  3. Perhatikan nilai tukar Rupiah dan batas penarikan tunai
  4. Memasukkan nomor PIN dengan benar, enam angka/digit.
  5. Memilih jenis rekening, (Saving Account/Rekening Tabungan).
  6. Mengetahui Biaya Administrasi yang diterapkan
  7. Hindari waktu tengah malam di Indonesia
  8. Periksa Laporan Transaksi

Jika kartu ATM anda tidak dapat digunakan, kemungkin penyebabnya adalah hal berikut, silahkan simak penjelasannya melalui link ini.

Status Rekening Aktif, Kartu ATM masih berlaku dan Saldo Mencukupi

Agar rekening tabungan kita selalu berstatus Aktif, pastikan mengisi atau menabung ke rekening kita setiap bulan atau paling lambat setiap tiga bulan.

Bagi teman-teman yang mengalami kendala sehingga tidak dapat mengirim uang tepat waktu dan menyebabkan rekeningnya berstatus Pasif, tidak perlu khawatir karena rekening tabungan kita di bank BNI tetap aman dan tetap dapat dikirimi uang, hanya saja tidak dapat menggunakan kartu ATM untuk tarik tunai, untuk cek saldo masih bisa.

Untuk mengaktifkan kembali rekening yang pasif, atau mengganti kartu ATM yang habis masa berlakunya, silahkan menghubungi perwakilan bank BNI di Arab Saudi melalui akun Facebook BNI Saudi Arabia atau melalui HP 0536921601 – 0538546335.

Bank di Arab Saudi yang Memiliki Kerjasama dengan BNI

Dengan menggunakan mesin ATM bank yang bekerja sama dengan BNI, maka transaksi lebih terjamin dan nilai tukar lebih menguntungkan.

Mitra BNI di Arab Saudi, lima diantaranya adalah; Bank Al Rajhi, Bank Al Ahli (NCB), Bank Al Bilad, Bank Alinma dan Arab National Bank.

Perhatikan Nilai Tukar Rupiah dan Batas Tarik Tunai

Agar transaksi lancar, pastikan kita sudah menghitung jumlah uang yang akan ditarik dalam bentuk mata uang Riyal dengan menghitung nilai tukar yang berlaku saat ini. Nilai tukar dapat berubah setiap waktu.

Contoh jika kita akan melakukan tarik tunai sebesar SAR 100, maka sesuai tabel di atas, nilai tukar beli Riyal saat artikel ini ditulis yaitu IDR 3,919 maka jumlah uang yang akan diambil di rekening kita adalah SAR 100 x IDR 3,919 = IDR 391,900.- ditambah biaya administrasi tarik tunai sebesar IDR 25,000.-

Jadi, pastikan saldo kita mencukupi atau lebih dari jumlah perkiraan tadi.

Adapun batas maksimal penarikan tunai harian, menyesuaikan dengan jenis kartu ATM BNI yang kita miliki. Contoh jika kartu ATM BNI gold, maka batas hariannya adalah 15 Juta Rupiah setara dengan 3.856 Riyal.

Memasukkan Nomor PIN dengan Benar, Enam Angka/Digit

Nomor PIN ATM BNI sebanyak 6 angka/digit, hal ini berbeda dengan kebanyakan kartu ATM yang dikeluarkan bank-bank di Arab Saudi yang masih rata-rata 4 angka.

Tips, jika lupa atau salah memasukkan PIN, pastikan jangan melakukan kesalahan yang sama tiga kali berturut-turut, karena akan mengakibatkan kartu ATM terblokir. Jika sudah salah dua kali, disarankan dicoba lagi keesokan harinya.

Pilih Jenis Rekening Saving Account atau Rekening Tabungan

Saat melakukan transaksi tarik tunai ataupun cek saldo kartu ATM BNI pada mesin ATM di Arab Saudi, akan diminta untuk memilih jenis rekening. Ada empat jenis rekening yang tertera pada layar ATM, Current Account, Checking Account, Saving Account, Credit Account.  

Pilih Jenis Rekening Saving Account

Pastikan memilih jenis rekening yang sesuai, jika rekening kita berjenis BNI Taplus, maka silahkan memilih Saving Account (Rekening Tabungan).

Mengetahui Biaya Administrasi yang Diterapkan

Biaya administrasi transaksi menggunakan kartu ATM BNI di luar negeri.

  1. Tarik Tunai, IDR 25,000.-
  2. Cek Saldo, IDR 3,500.-
  3. Belanja, IDR 0 (pada jaringan MasterCard dan Visa).

Hindari Waktu Tengah Malam di Indonesia

Supaya transaksi berjalan lancar, hal lain yang harus diperhatikan adalah waktu melakukan transaksi melalui mesin ATM di luar negeri adalah dengan menghindari melakukan transaksi pada rentang waktu tengah malam waktu Indonesia barat, yaitu mulai pukul 22:00 – 02:00 WIB.

Penyebabnya adalah karena pada rentang waktu tersebut sering dilakukan kegiatan pemeliharan dan perbaikan (maintenance)  pada server bank dan juga proses pembaharuan (upgrade) sistem untuk meningkatan mutu dan layanan.

Proses tersebut biasanya mengharuskan pihak bank melakukan pengurangan bandwith atau bahkan memblokir akses ke server, sehingga sebagian atau keseluruhan transaksi perbankan tidak dapat dilaksanakan pada waktu tersebut.

Kendala dari jaringan yang terganggu juga dapat menyebabkan transaksi terputus di tengah jalan atau proses. Ada kalanya nasabah melakukan penarikan tunai di mesin ATM, namun uangnya tidak keluar sementara saldo sudah terpotong. Untuk mengatasinya maka segera hubungi Call Center untuk mengkonfirmasi transaksi tersebut.

Proses pengembalian uang yang gagal transksi seperti di atas bisa memakan waktu cukup lama antara 7 – 45 hari kerja bahkan bisa lebih.

Periksa Laporan Transaksi

Setelah melakukan transaksi di mesin ATM ataupun melakukan transaksi belanja menggunakan kartu ATM/debit BNI, selalu periksa kembali mutasi rekening dengan mengakses melalui e-channel BNI Mobile Banking ataupun internet banking.

Jika ada transaksi yang tidak sesuai, segera menghubungi Call Center BNI melalui telpon +62 21 30500046.

Dikutif dari berbagai sumber, untuk informasi yang valid silahkan hubungi Call Center bank.

 (ARY, 03/02)